Cara Compress Foto Untuk Upload Foto Profil Pada SimPKB

Written By Supiadi Yadi on 13 July 2017 | July 13, 2017


Bagi anda yang ingin mengganti/UPLOAD foto profilnya tetapi tidak bisa dikarenakan size MB foto terlalu besar.. bisa menggunakan cara manual di bawah ini : 

1. Klik tombol mouse sebelah kanan untuk gambar yang mau diedit.

2. Cari Open With-Temukan dan click Microsoft Office Picture Manager.

3. Klik Edit Picture,kemudian klik Resize
4.Contreng "Percentage of original width x height" dan pada kolom % klik panah kebawah sampai pada ukuran New size kisaran 200- 250( misal 220 x 265) kemudian klik OK
atau bisa pilih contreng Custom width x height kalau ingin cara ini
5.Pada size setting summary terlihat ukuran gambar original size dan New size

Silahkan pilih jenis ukurannya
New size 218 x 262, 220 x 265 (saya memakai ukuran ini) ukuran size ini tidak semua sama pada masing2 gambar,silahkan atur sendiri sizenya dari 200 sampai 250

Cari resolusi yg paling rendah ya. Agar hasil fotonya full nantinya ketika diupload ke profilnya. Kalau resolusi tinggi maka hasil fto akan membesar sehingga wajahnya hanya separoh saja terlihat.
Lihat perubahan hasil compress dari file asli ke file hasil RESIZE ,Kalau udah yakin, klik OK

Pilih Menu Save As untuk menyimpan gambar dalam nama lain, agar file asli tetap bisa dipertahankan.

Cara compress foto online
Pengen cara lain dan tidak mau install software photo editor?  Kalau cuma untuk menangani masalah compress saja silahkan pilih applikasi online di bawah ini tanpa perlu download alias langsung di compress secara online, resikonya kalau file yang dicompress gede kecepatan proses tergantung kecepatan akses internet .
  1. www.imageoptimizer.net (ada pilihan download untuk install di PC). Contoh file foto resolusi  3088 x 2056 px  (2,819  MB) dapat dikompress ke 1024 x 681 menjadi 549  KB, jadi kalau kurang puas ukuran compress dikecilkan lagi secara proporsional. Untuk kualitas lumayan baik sesuai aslinya
  2. www.jpeg-optimizer.com tentukan compress level 0 - 99 dan atau menurut ukuran lebarnya saja (contoh hasil compress level 66 dengan lebar resolusi 1024 px hasil compress dari 2,819 MB dapat menjadi 91.5 kb, sedangkan ukuran foto secara otomatis di sesuaikan secara proporsional menjadi resolusi 1024 x 681 px). Untuk kualitas memang menurun,  namun secara kasat mata gak  jauh berbeda dengan aslinya
  3. www.compressnow.com, bila memilih yang ini, tinggal ditentukan sendiri besaran file yang diinginkan (misalnya sesuai ketentuan saat ini yaitu 300 KB). Untuk foto dan gambar asli yang sama dengan resolusi 3088 x 2056 px  (2,819  MB) dapat di compress hingga 52% untuk menghasilkan resolusi yang sama (3088 x 2056 px)  namun menghasilkan besaran file menjadi 289 KB. Untuk kualitas memang menurun,  namun secara kasat mata gak jauh berbeda dengan aslinya
  4. www.jpegreducer.com, bila memilih yang ini anda gak usah repot-repot memilih level compress hanya saja maksimal foto yang di upload adalah 2 MB, sistem akan bekerja secara otomatis untuk menghasilkan gambar/foto hasil compress dengan menjadi beberapa ukuran resolusi, dan dengan beberapa level kompres dapat menghasilkan besaran file secara otomatis yang dikecilkan namun mempertahankan resolusi foto/gambar aslinya. Dengan menggunakan contoh gambar asli dengan resolusi 2560 x 1758 px (1,39 MB)  dapat dicompress dengan level 50%  menjadi 244.18kb dengan resolusi yang sama 2560 x 1758 px. Untuk kualitas memang menurun,  namun secara kasat mata gak jauh berbeda dengan aslinya.
  5. www.shrinkpictures.com, bia memilih yang ini anda harus menentukan beberapa pilihan khususnya ukuran dan kualitas gambar. Sebagai contoh gambar asli dengan resolusi 2560 x 1758 px (1,39 MB), dengan pilihan lebar resolusi 600 px dan kualitas better, menghasilkan resolusi gambar/foto menjadi 600 x 412 px (resolusi ini sudah maksimal alias pas untukdi upload ke tulisan) dan besaran file 28 KB. Untuk kualitas memang menuru,  namun secara kasat mata gak jauh berbeda dengan aslinya.
Ya udah, kalau belum puas juga cari aja sendiri di mbah google, masih banyak, namun hati-hati untuk compress foto yang menurut anda sangat privasi secara online. Bila menemukan cara lain, perhatikan hasil akhir dari proses compress, kalau tinggal save as image, rasanya cukup aman, namun bila pilihannya download hasil compress, pikirkan sekali lagi, tidak ada yang selalu gratis di dunia maya.

Semoga Bermanfaat

Ditulis Oleh : Supiadi Yadi ~Belajar Tanpa Batas

Supiadi Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Compress Foto Untuk Upload Foto Profil Pada SimPKB yang ditulis oleh Supiadi Yadi , Dan Anda diperbolehkan mengcopy paste artikel ini dengan syarat wajib mencantumkan link kami

Blog, Updated at: July 13, 2017

0 komentar:


×